Calya

All New Calya

Toyota Calya diperkenalkan ke muka publik ketika digelarnya acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 pada Agustus silam. MPV murah ini dijual dalam varian. Varian terendah adalah tipe E dan varian tertingginya yaitu tipe G dengan penambahan beberapa fitur. Mobil ini diproduksi oleh PT Astra Daihatsu di pabrik yang berlokasi di Karawang, yang mampu memproduksi hingga 200 ribu unit dan komponennya menggunakan 94% komponen lokal.

Mobil MPV LCGC tersebut memiliki bentuk bodi yang lebih besar sehingga Toyota Calya bisa mengusung 7 orang penumpang dalam kabinnya. Selain itu, desain bodinya juga terbilang cukup simple namun tetap menampilkan kesan yang elegan yang tampak pada lekukan halus di samping bodinya. Di sisi lain, untuk urusan permesinan, Toyota Calya mengusung mesin Dual VVT-I dengan kapasitas 1.197 cc dengan varian sistem transmisi otomatis dan manual sehingga cukup mendukung jika dikendarai dengan bobot 7 penumpang sekaligus. Selain itu, Toyota Calya juga dilengkapi dengan perlengkapan safety yang cukup oke untuk kategori mobil LCGC seperti rem ABS dan Dual SRS Airbag. lebih-lebih, Toyota Calya ini juga hadir dengan beberapa varian, yaitu E MT, G MT, E AT, dan G AT yang setiap varian memiliki harga yang berbeda-beda.

Exterior Toyota Calya

Dari sisi luarnya khususnya pada bagian depan, Toyota Calya memiliki fasia dengan grill krom berukuran cukup besar yang diapit oleh sepasang lampu halogen dengan sudut tajam. Bumper diusung dengan lubang udara berukuran jumbo dan bersambung pada grill utama. Dilihat sekilas, ia sangat serupa dengan Toyota Yaris facelift versi Eropa. Hanya saja sedikit lebih lebar. Guna memaksimalkan visibilitas ketika malam hari, sepasang foglamp hadir sebagai standar pada tipe G dengan aksem krom di sekelilingnya dan sayangnya tidak ada pada tipe E.

Toyota Calya  ini mengadopsi konsep elegant seperti keluarga Toyota yang lain. Lampu depannya dirancang dengan sudut yang tajam bahkan bisa dikatakan hampir mirip dengan Toyota Avanza. Lalu, menginjak pada sektor tengahnya, Toyota Calya ini dilengkapi juga dengan grille yang tidak memiliki aksen chrome dengan logo ‘Burung Garuda’ di sektor tengahnya di mana menyambung pada bagian bawahnya yang memiliki lubang udara berbentuk trapesium. Lalu, jika dilihat dari samping, hal yang cukup menonjol dari Toyota Calya ini yaitu bodinya yang terkesan lebih bongsor, terutama tampak pada bodi bagian belakangnya yang terkesan mendapatkan tambahan ruang.

Meskipun demikian, hal yang cukup mengejutkan terletak pada sektor buritannya di mana konfigurasi lampu belakang Toyota Calya ini dirancang yang mirip dengan milik sang Kakak, Toyota All-new Kijang Innova. Lampu belakang berbentuk huruf ‘L’ terbalik dengan reflektor horizontal yang terletak di pintu bagasi. Tampaknya, memang sektor eksterior dari spesifikasi Toyota Calya ini mengusung konsep desain yang cukup simple namun tetap meemberikan tampilan yang elegan.

Melangkah ke area belakang, desainnya minimalis dan terbilang jauh lebih baik dari Agya yang tampak terlalu monoton. Disini, Cayla juga mengadopsi desain dari Innova terbaru dengan desain stoplamp vampire back berbentuk L terbalik dan juga hiasan krom tebal di atas area plat. Wiper belakang dijadikan sebagai fitur standar pada seluruh varian.

Interior Toyota Calya

Untuk Interior Anda akan disuguhi oleh desain dashboard modern ala Toyota 2016. Jauh dari kesan konvensional kecuali dari beberapa fitur standar yang dibawanya. Maklum saja, Toyota harus cerdik dalam memangkas fitur Cayla agar harga jualnya sebanding dengan fitur yang dibawanya. Pada bagian dashboard, terdapat sebuah audio 2 DIN yang terdiri dari monitor TFT kecil dengan dual analog yang mampu memutar CD, radio FM/AM serta ketersediaan Aux-in dan USB. Audio ini diapit oleh sepasang kisi-kisi AC posisi vertikal. Tepat dibawahnya, di bagian kiri konsol tengah diisi oleh tombol dial AC dan tuas transmisi. Satu hal yang unik adalah tuas rem tangan di samping pengemudi yang bentuknya sangat mirip tuas transmisi matic. Tapi lebih baik jika dibandingkan dengan Datsun Go yang masih mengadopsi rem tangan dengan cara pengoperasian model tarik layaknya

Interior Calya cukup membuat betah dipandang. Selama Anda tidak keberatan dengan kualitas material interior yang tidak bisa dibilang terbaik (ingat, ini mobil LCGC), maka Calya akan membuat Anda betah.

Seperti Agya (dan Ayla) yang kabinnya dapat dibilang cukup lapang untuk sebuah hatchback berdimensi mungil. Calya juga demikian. Kuncinya hadir dari lapisan busa tempat duduk yang dapat dibilang tipis. Khusu untuk baris ketiga, memang dua orang dewasa Asia akan cukup berada di situ. Namun harap diingat, wheelbase-nya hanya 2,5 meter, jadi jangan berharap akan betah berlama-lama di bagian ini.

Satu hal yang akan membuat sedikit nyaman penumpang baris ketiga adalah, kursi baris kedua yang bisa dimaju-mundurkan. Bahkan hingga posisi kursi kedua berada paling maju pun, asal ukuran kaki Anda masih ‘standar asia’, ruang kakinya terasa cukup. Yang menarik lagi adalah saat baris ketiga ditegakkan, Anda masih bisa menyimpan koper berukuran menengah disitu.

Untuk fitur yang ditawarkan di dalam kabin, Calya harus diacungi jempol. Toyota dan Daihatsu menjejalkan mobil ini dengan fitur yang menarik seperti audio 2-DIN yang mampu melakukan koneksi bluetooth, MID di hadapan pengemudi yang informatif, serta banyaknya ruang penyimpanan.

Lebih dari itu, fitur keselamatan cukup lengkap untuk sebuah LCGC. Pertama, Anda akan menemukan sepasang airbag untuk pengemudi dan penumpang depan. Selain itu, ada tujuh seatbelt di mobil ini, alias semua penumpang bisa terikat di kursi dengan aman. Belum cukup, ada dudukan ISOFIX untuk mengikatkan kursi balita di baris kedua.

Spesifikasi Toyota Calya

Tipe E A/T E M/T G A/T G M/T
Dimensi
Overall Panjang / Length 4070
Overall Lebar / Width 1655
Overall Tinggi / Height 1600
Jarak Poros Roda / Wheelbase 2525
Jarak Pijak / Tread (Depan/Front) 630
Jarak Pijak / Tread (Belakang / Rear) 915
Jarak Terendah / Ground Clearance
Radius Putar / Turning Radius
Berat Kosong / Curb Weight
Sasis
Transmisi / Transmition 5-Speed Manual 4-Speed Automatic 5-Speed Manual 4-Speed Automatic
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 1st 3.417 2.731 3.417 2.731
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 2nd 1.96 1.526 1.96 1.526
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 3rd 1.25 1 1.25 1
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 4th 0.917 0.696 0.917 0.696
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 5th 0.707 0.707
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 6th
Perbandingan Gigi / Gear Ratio Reverse 3.143 2.29 3.143 2.29
Perbandingan Gigi / Gear Ratio Final 5.077 4.839 5.077 4.839
Suspensi Depan / Front Suspension MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer
Suspensi Belakang / Rear Suspension Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring
Rem Depan / Front Brake Ventilated Disc
Rem Belakang / Rear Brake Drum
Sistem Rem Tambahan / Additional Brake System
Steering Gear Rack and Pinion
Ukuran Ban / Tires Size 175/65R14 Two-Tone Machining Alloy
Mesin
Seri Mesin / Machine Serial 3NR
Tipe Mesin / Engine Type In-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder / Displacement (cc) 1197
Diameter x Langkah / Bore X Stroke (mm) 72.5 x 72.5
Daya Maksimum / Maximum Output (Ps/rpm) 88 / 6,000
Torsi Maksimum / Maximum Torque (Kgm/rpm) 11/4200
Sistem Pemasukan Bahan Bakar / Fuel System
Bahan Bakar / Fuel
Kapasitas Tangki / Fuel Capacity (liter) 36
Steering (Power Steering) Electronic Power Steering (EPS)
Eksterior
Fog Lamp Ya
Rear Combination Lamp Tidak Ya
Interior
Tempat Duduk 7-seater
Multi Layer dashboard Tidak Ya
Combination Meter Ya
Front Armrest Ya
Spion Electric Ya
Power Charging Station Tidak Ya
Keamanan dan Kenyamanan
Immobilizer Ya
Dual SRS Airbag Ya
Seat Bealt Ya, 3 Point
ISOFIX Ya
ABS Tidak Ya
Rear Parking Sensor Ya
Anti Theft System Toyota
Rear AC Circulator Ya
One Touch Tumble Ya
Headreast All
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close