SientaSlides

All New Sienta

Sedikit menilik sejarah yang ada, Toyota Sienta awalnya hanya keluar di Jepang, Hongkong, Tanzania, Singapura dan Kenya melalui generasi pertamanya yang dijual sejak tahun 2003 hingga 2015 dengan 2 kali facelift. Generasi pertamanya dibangun berdasarkan basis dari Toyota Vitz (nama lain dari generasi pendahulu Toyota Yaris Gen1 di Indonesia). Hanya saja sudah mengadopsi mesin 2NR-FE 1.5 liter Dual VVT-i layaknya Grand New Avanza dan diberi sliding door.

Exterior Toyota Sienta

Hal yang sangat unik mengenai spesifikasi Toyota Sienta terletak pada eksteriornya. Eksteriornya cukup nyentrik dan modern diantara MPV lain sehingga mobil ini cocok untuk yang baru berkeluarga. Hanya saja, model eksterior Toyota Sienta bukanlah selera semua orang. Model seperti ini memang cukup menjual di Jepang tapi sensasinya sangat berbeda jika dibandingkan masyarakat tanah air. Maklum saja, tipikal sifat orang Indonesia menengah ke bawah adalah ingin bermain aman jika membeli sebuah benda mahal, salah satunya adalah mobil. Mereka terlalu memikirkan harga jual kembali bahkan sebelum mobil tersebut dibeli. Alhasil, sensasi sebenarnya dari sebuah mobil itu tidak dirasakan sama sekali sehingga sering gonta-ganti merk.

Pada bagian depan, spesifikasi eksterior Toyota Sienta menganut model Eropa dengan lekukan yang cukup banyak. Mulai dari bentuk lampu depan, bentuk grill dan juga kap mesin. Untuk mendukung aura modernnya ini, Toyota Sienta turut diberikan imbuhan ornamen hitam di sekeliling bumper. Untuk urusan penerangan ketika malam hari, semua tipe Toyota Sienta menggunakan headlamp halogen dengan projector dan khusus tipe V sebagai varian tertinggi sudah mengadopsi bi-beam LED + Auto Levelling serta DRL LED. Tak hanya disitu, semua tipe (kecuali tipe E) juga sudah dilengkapi oleh sepasang foglamp yang bertugas untuk menembus kabut ketika musim hujan.

Pada bagian sampingnya, spesifikasi Toyota Sienta khususnya mengenai dimensi cukup identik dengan Honda Freed. Dimensi yang dimiliki tepatnya dengan panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm , tinggi 1.700 mm dan wheelbase sepanjang 2.750 mm. Dalam kata lain, Toyota Sienta lebih panjang 20 mm dan lebih rendah 15 mm dari Honda Freed. Di bagian ini, Anda dapat menemukan sepasang pintu tengah model geser. Pada tipe V yakni varian tertinggi, kedua pintunya ini dapat dibuka dan ditutup secara elektris hanya dengan menekan sebuah tombol. Sedangkan pada varian lain hanya didukung oleh sebuah pintu elektris pada sebelah kiri. Khusus tipe E, kedua pintu gesernya masih manual. Kepraktisan yang sangat luar biasa mampu diberikan oleh pintu model geser seperti ini, karena tidak memerlukan space yang besar ketika dibuka. Dengan begitu, keamanan akses masuk dan keluar penumpang row kedua lebih terjaga di parkiran yang sempit sekalipun.

Beralih ke spesifikasi eksterior Toyota Sienta bagian belakang. Semua desain disini sangat identik dengan bagian depan. Dimana pada sekeliling lampu belakang diberi hiasan ornamen hitam. Warna yang atraktif untuk sebuah MPV masa kini. Bayangkan jika ornamen ini menggunakan lapisan krom? Hasilnya pasti sangat menggelikan. Selanjutnya, lampu belakang Toyota sudah mengadopsi model LED sehingga lebih terang dan juga hemat terhadap konsumsi daya aki. Sementara itu, terdapat perbedaan lain untuk spesifikasi Toyota Sienta dari masing-masing tipenya. Karena lampu belakang dengan aksen merah seperti yang tertera pada foto di bawah ini hanya ada pada tipe Q. Tipe-tipe lainnya hanya berupa warna putih polos yang juga dihiasi dengan ornamen hitam.

Interior Toyota Sienta

Menilik ke dalam interiornya, spesifikasi Toyota Sienta untuk sesi ini terbilang tak seanyar bagian luarnya. Selurh material dashboard menggunakan plastik dengan aksen jahitan seperti yang ditemukan pada Yaris Lele. Untuk warna interior, Toyota menyediakan dua pilihan warna pada varian V dan Q yaitu Black Trim & Dark Brown Seat serta Fromage Trim & Black Seat. Pada varian E dan G, hanya tersedia dengan warna Black Trim & Black Seat. Dashboard yang ditawarkan ini menggunakan dua lapis atau layer yang disebut oleh Toyota sebagai Dual Layer Dahboard With Three Dimentional Panel Design. Pada layer pertama terdapat panel instrument persis di depan posisi duduk supir dan juga headunit 2 DIN yang digabungkan dengan kisi-kisi AC depan. Sedangkan pada layar kedua diisi oleh tombol pengaturan AC yang sudah otomatis alias climate control pada tipe V dan Q. Tepat di bawahnya, terdapat sebuah slot kecil untuk menyimpan barang bawaan kecil. Di tipe yang sama (V dan Q), roda kemudi atau setirnya telah dilengkapi oleh dengan switch audio. Dengan begitu, mengatur volume atau mengganti trek musik dapat dilakukan hanya dengan menekan tombol tersebut.

Selanjutnya spesifikasi fitur yang ada pada Toyota Sienta terbilang sangat lumayan. Untuk urusan audio sudah menganut model layar sentuh berukuran 7 inci yang dapat memutar DVD, MP3, USB, AUX dan iPod dengan dukungan bluetooth. Headunit ini juga dapat dijadikan untuk device browsing internet ketika dibutuhkan dengan cara mengkoneksikan jaringan WiFi di smartphone serta memungkinkan pengguna untuk mengoperasikannya melalui voice command. Tak hanya disitu, pada tipe tertinggi yaitu Q, panel instrumen yang digunakan berupa kombinasi optriton meter yang mengapit LCD TFT 4.2 inch. LCD ini berguna untuk menampilkan informasi mengenai tripmeter, konsumsi bahan bakar, suhu mesin, dan lain-lain secara digital dan realtime. Pada varian lain masih tampilan biasa. Untuk mengoptimalkan suhu ruang kabin, Toyota turut menyematkan AC Double Blower sebagai perlengkapan standar seluruh varian kecuali tipe E. Tak hanya disitu saja, Toyota juga memberikan fitur tambahan berupa Smart Start-Stop Button untuk tipe V dan Q sehingga mobil dapat dinyalakan dengan cara menekan tombol tersebut.

Kabinnya masih cukup nyaman untuk diisi oleh tiga orang dewasa dan menyisakan ruang kaki yang juga lega. Bagaimana dengan ruang kepala? Tak usah diragukan lagi, karena sasis yang digunakan adalah monokok sehingga antara bodi dan sasis menyatu dan tak membutuhkan ruang besar di bawah layaknya sasis ladder on frame yang masih banyak digunakan pada MPV lainnya. Terlebih lagi, dimensinya pun terbilang cukup tinggi.

Hal yang paling menarik untuk diulas pada Toyota Sienta adalah mengenai mekanisme pelipatan kursi baik itu row kedua ataupun row ketiga. Kursi row kedua dapat dilipat dengan cukup mudah sehingga mengakses row ketiga tidak kerepotan. Sama halnya dengan row ketiga, kursinya dapat dilipat dan disimpan di bawah kursi row kedua. Sehingga kapasitas ruang bagasi belakang yang tersedia menjadi sangat besar dibalik ukurannya yang ringkas.

Mesin Toyota Sienta

Untuk spesifikasi Toyota Sienta bagian permesinan, Toyota mempercayakan pilihan mesin tunggal dengan kapasitas sebesar 1.5 liter, Dual VVT-i yang telah teruji setahun lebih pada Grand Avanza. Mesin dengan konfigurasi 4 silinder segaris 16 katup ini mampu memproduksi tenaga maksimum hingga 105 HP pada putaran 6.000 RPM dengan torsi puncak sebesar 140 Nm pada 4.200 RPM. Meskipun sama dengan Avanza, namun dari segi roda penggerak cukup berbeda, dimana Avanza menggunakan gardan belakang sedangkan Sienta menggunakan gardan depan. Dengan begitu, power loss yang dihasilkan jauh lebih kecil dan konsumsi BBM menjadi lebih hemat. Untuk transfer tenaga ke roda, mesin ini dibantu oleh gearbox manual enam kecepetan dan continuously variable transmission (CVT) dengan tujuh kecepatan yang juga dapat dioperasikan secara manual karena ketersediaan mode triptonik di tuas transmisi. Bagaimana konsumsi bahan bakarnya? Pabrikan mengklaim, konsumsi BBM Toyota Sienta mampu melaju hingga 20 km dengan bermodalkan 1 liter pertamax. Namun jika dilihat dari segi mata konsumen dimana fakta yang terjadi di lapangan, konsumsi BBM Toyota Sienta hanya mampu mencatatkan rekor 12 hingga 14 km/L untuk penggunaan dalam kota dan 15 hingga 18 km/L untuk penggunaan luar kota yang dikombinasikan dengan jalan tol.

Handling Toyota Sienta

Posisi duduk cukup enak dalam artian joknya dan sandaran kepalanya dapat menopang tubuh dengan sempurna. Dengan adanya tilt steering, Anda dapat mengatur posisi setir untuk menemukan posisi nyaman dalam mengemudi sehingga tidak cepat lelah ataupun pegal-pegal selama melakukan perjalanan jauh. Tapi sayang, seatbelt belum dilengkapi oleh adjuster. Terlebih lagi absennya fitur arm rest. Cukup fatal untuk sebuah MPV apalagi segmennya bisa dikatakan sudah memasuki kelas menengah yang harganya hampir menembus angka 300 jutaan.

Selanjutnya mengenai bantingan. Disini, suspensinya dapat meredam getaran dan guncangan dengan baik. Cukup pas antara empuk dan keras. Hanya saja, body roll kerap terasa ketika berganti jalur secara tiba-tiba. Maklum saja, body roll memang sudah menjadi konsekwensi dan hal umum pada sebuah MPV ataupun SUV, apakah itu yang menggunakan sasis monokok ataupun ladder frame. Lantas bagaimana dengan handlingnya? Tidak terlalu mengecewakan. Ketika melaju dalam kecepatan tinggi, setir menjadi berat tapi masih kalah berat dari kompetitornya. Sistem penggeremannya pun cukup pakem dikarenakan penggunaan disc brake di semua roda yang hadir pada seluruh tipe dan dibantu oleh ABS, EBD dan juga BA (tipe V dan Q). Untuk sistem keselamatan dan keamanan lainnya, Toyota turut melengkapi Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Assist Start (HSA) yang sayangnya hanya ada pada varian tertinggi yaitu tipe Q. Kabar baiknya, Toyota menjadikan Dual Airbag + 1 Airbag di lutut pengemudi dan ISOFIX di baris kedua sebagai fitur keselamatan standar pada seluruh varian bahkan hingga ke tipe terendahnya, tipe E.

Spesifikasi Toyota Sienta

Spesifikasi Toyota Sienta

Tipe E G V Q
Mesin
Tipe 2NR-FE dual VVT-i
Tenaga/Torsi 107 Ps/14.6 kgm
Transmisi MT/CVT MT/CVT MT/CVT CVT
Eksterior
Headlamp Hallogen Projection With Leveling Bi-Beam LED+Auto Leveling
Foglamp Tidak Ya
Velg Steel 15″+Cover Alloy 15″ Alloy 16″ Alloy 16″
Interior
Tempat Duduk Hingga 7 Orang
AC Analog Analog, Dobel Blower Auto Digital, Dobel Blower
Speedometer Monochrome MID TFT LCD 4.2″
Entertainment Double-Din USB/MP3 5.6″Touchscreen, Miracast, Bluetooth, AirGesture
Warna Interior Hitam Paduan Coklat Tua dan Hitam/Fromage dan Hitam (khusus warna body tertentu)
Keamanan dan Keselamatan
Keamanan Remote Alarm Remote Alarm + Immobilizer
Sistem Rem Disc Brake Disk Brake, ABS
Kunci Ada Keyless
VSC Tidak Ada
HSA Tidak Ada
Airbag Kursi Depan
Sliding Door Manual Electric Sliding Door
ISOFIX Ya
Sensor Parkir Ya
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close