Avanza

Interior Avanza

Selain sisi luar, evolusi Toyota Avanza juga terjadi pada ruang kabin. Layout dashboard di generasi perdana datang dengan warna hitam yang senada warna jok dan trim. Panel instrument juga dibuat sederhana tanpa dukungan MID (Multi Information Display). Meski tata etak dashboard dan bentuk jok serta trim masih serupa, tema warna berubah jadi beige saat facelift di tahun 2006 yang membuat ruang kabin terlihat lebih segar. Kini warna yang dipakai untuk dashboard Avanza jadi two tone color, senada dengan mobil-mobil modern lainnya.

Desain lingkar kemudi juga jadi hal yang diubah dan terus dipercantik dari berbagai generasi Avanza. Awalnya setir datang dengan model 3-spoke yang sederhana dan mengingatkan pada bentuk setir Toyota Kijang produksi tahun 2000-an. Baru di model facelift pertama desainnya sedikit dibedakan dan dipermanis, dan untuk tipe S mulai dipasang audio steering switch. Bentuk setir Avanza kemudina berubah lagi di generasi kedua juga tetap mempertahankan fitur control audio dibagian setir sebelah kiri untuk tipe termewahnya. Untuk facelift generasi kedua, setir ditambah juga aksen silver yang membuatnya terlihat mewah.

Di tengah-tengah dashboard tetap bercokol pusat hiburan bagi seluruh penumpang di ruang kabin selama perjalanan. Bedanya pada Avanza tipe awal masih memakai headunit Radio / Cassette. Sistem hiburan yang support sebagai pemutar CD baru dipasang pada Avanza tipe S sekitar tahun 2006. Namun kini piranti tersebut semakin advance karena sudah bisa memutar CD, MP3, Radio, bahkan terhubung dengan perangkat lain melalui sambungan USB dan Aux-In. Bahkan di Avanza facelift terbaru sudah datang dengan headunit model layar sentuh yang bisa untuk memutar audio video berbagai format serta ketersediaan ruang pemutar untuk CD atau DVD.

Hal berbeda dari desain di ruang kabin Avanza generasi ke generasi adalah control AC. Tema yang diangkat memang masih berupa cycle, namun terlihat sudah mengalami dua kali perubahan bentuk serta memakai tema warna black gloss di model terkini. Kemudian tuas transmisi Avanza juga sekarang ditambah aksen chrome biar terlihat makin elegan. Jok dengan ketinggian busa yang makin tebal serta motif pembungkusnya yang juga baru dan ditambahkan bagian tepinya agar makin nyaman buat seluruh penumpang merupakan perbedaan yang bisa ditemui pada jok Grand New Avanza serta Grand New Veloz.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close