All New Kijang Innova

All New Kijang Innova

Kijang merupakan mobil legendaris, produksi toyota, dimulai sejak tahun 1970. Setiap perubahan dari generasi ke generasi, Toyota Kijang selalu menunjukkan perubahan yang signifikan. Langkah besar yang dilakukan Toyota adalah menggabungkan Kijang generasi kelima yaitu Kijang Innova dengan proyek global IMV bersama Hilux dan Fortuner pada tahun 2004.

Tahun 2017 ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen resmi untuk penjualan mobil Toyota di Indonesia dikabarkan akan menyambut tahun baru 2017 kali ini dengan meluncurkan produk bertajuk Toyota Innova Venturer. Mobil MPV mewah besutan Toyota ini pun kabarnya tengah menjalani proses distribusi ke beberapa dealer Toyota seluruh Tanah Air.

Perubahan kali ini terbilang cukup drastis dengan generasi sebelumnya, walaupun demikian, tetap terdapat satu benang merah yang menyamakan dengan pendahulunya. Benang merah tersebut adalah adopsi ladder frame yang membuat Kijang Innova unik. Kesuksesan Kijang dari generasi ke generasi menjadi tantangan tersendiri

Selain itu, MPV premium garapan Toyota yang kabarnya bakal segera diluncurkan serentak di Indonesia pada 19 Januari 2017 ini diklaim bakal menjadi tipe Innova paling tinggi, atau dengan kata lain Toyota Innova Venturer ini akan berada di atas Innova tipe Q yang sudah dilepas sebelumnya di pasar otomotif Tanah Air. Dengan kabar tersebut, tentu saja akan membuat para konsumen pun menunggu-nunggu kehadiran dari Toyota Innova Venturer ini di dealer resmi Toyota.

Sebagai generasi terbaru dan varian tertinggi dari Kijang Innova Series, tentu Toyota pun tak akan main-main dalam mempersiapkan Toyota Innova Venturer ini. Pasalnya, sebagai generasi tertinggi, tentu mobil ini akan mengusung beberapa sektor yang begitu canggih dan mewah. Pertama, dari sisi desainnya,MPV besutan Toyota ini tampak memiliki tampilan eksterior yang begitu gagah dan elegan di mana terdapat beberapa lekukan lembut yang begitu elegan pada bodi Toyota Innova Venturer ini. Selain itu, pada sektor interiornya pun juga akan disuguhkan ruang kabin luas dan mewah lengkap dengan fitur canggih. Tak hanya itu saja, pada sektor dapur pacunya pun kabarnya akan dibekali mesin handal dengan 2 pilihan, yaitu mesin bensin 1TR-FE 2,0 liter dan diesel 2GD-FTV 2,4 liter yang keduanya bisa dipilih sesuai selera konsumen.

Dengan mengikuti perkembangan zaman, konsumen tidak hanya membutuhkan MPV yang fungsional dengan spesifikasi memadai, selain itu desainnya harus modern dan stylish. Terdapat dua pendekatan untuk pengembangan Innova, yaitu pendekatan dengan mempertahankan DNA sukses pada Innova, dan pendekatan kepada konsumen yang menginginkan nilai baru pada Innova.

Pengembangan desain Innova bersadarkan pada konsep tough yang memberikan kesan sebuah MPV gagah. Toyota melakukan perubahan yang cukup radikal, namun tanpa melupakan DNA asli dari sebuah Kijang. Grille mengadopsi bentuk hexagonal yang menyatu dengan kap mesin serta lampu utama, paduan ini memberikan efek tiga dimensi. Dua bilah palang pada grille menegaskan impresi pada fascia.

Desain lampu turut berubah total, kini headlamp semakin menyipit dan tampil elegan berkat penggunaan Led Projector. Buritan mendapatkan perubahan yang cukup signifikan, satu hal yang mudah dikenali adalah perubahan lampu kombinasi. Lampu dengan desain tajam dengan desain slope seakan-akan memberikan tatapan tajam. Buritan milik Innova generasi terbaru ini menjadi daya tarik sendiri. All-New Kijang Innova Q Diesel memiliki panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.795 mm. Jarak sumbunya sebesar 2.750 mm, dengan jarak pijak roda depan 1.540 mm dan jarak pijak roda belakang 1.540 mm.

Interior Kijang Innova

Selain perubahan eksterior yang terbilang drastis, Toyota melakukan perubahan yang cukup signifikan pada interiornya. Kini, desain interior milik Innova terbilang mewah dan lebih menyenangkan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Begitu pula dengan fitur-fitur yang kini lebih banyak, dan terbilang sophisticated. Terlebih lagi unit yang kami uji adalah tipe Q, yang merupakan kasta tertinggi dari Innova terbaru.

Selain revisi di sektor eksterior, spesifikasi Toyota Innova Venturer juga menghadirkan aura yang lebih baik dan berkualitas pada sektor kabinnya. Hal tersebut bisa kita lihat dari material yang digunakan untuk interiornya yang terbilang sangat bagus. Untuk dashboard, Toyota mengaplikasikan bentuk yang futuristik dengan aksen kayu untuk menguatkan kesan eksklusif. Bahkan, kombinasi material kelas atas dengan penataan panel pada dashboard Toyota Innova Venturer pun sangat atraktif sehingga menguatkan kesan mewah. Pertama, pada speedometer yang terletak di depan pengemudi pun mengusung teknologi yang bertipe MID TFT sehingga selain tampak elegan, pengemudi pun lebih mudah dalam memahami dan membaca kondisi mobil yang ditungganginya

Performa Kijang Innova

Salah satu hal terbaik dari Innova generasi terbaru ini adalah penyematan mesin diesel 2GD-FTV berkapasitas 2.393 cc dengan tenaga 149 hp pada 3.400 rpm dengan torsi puncak 359,9 Nm pada 1.200 – 2.600 rpm. Mesin baru tersebut kini sudah dilengkapi oleh teknologi VNT dengan intercooler, hasilnya tenaga lebih besar 47 hp dengan torsi puncak lebih besar 100 Nm jika dibandingkan dengan Innova diesel generasi sebelumnya.

Handling Kijang Innova

Toyota menyematkan fitur modern yang berkontribusi pada keselamatan serta kenyamanan. Fitur tersebut adalah VSC (Vehicle Stability Control) dan HAC (Hill Start Assist). Kedua fitur ini hanya bisa Anda dapatkan pada All-New Kijang Innova Q Diesel bertransmisi manual maupun automatis. Saat bermanuver di sirkuit kecil, All-New Kijang Innova cukup menyenangkan untuk dikendarai meskipun dimensi serta bobotnya terbilang besar.

Lingkar kemudi terasa nyaman dan mantap digenggam selama bermanuver. Gejala body roll yang disertai understeer kerap terjadi di tikungan tajam, namun sistem VSC akan segera menginterupsi dan membantu Anda untuk menstabilkan kembali mobil. Sistem pengereman dengan ABS & EBD turut serta berkontribusi untuk mengendalikan mobil. Pengaturan yang tepat pada suspensi double wishbone dengan coil spring & stabilizer pada bagian depan, serta 4 link dengan coil spring & lateral pada bagian belakang menjadi kombinasi yang tepat untuk memberikan rasa nyaman bagi penumpang dari baris pertama hingga ketiga. All-new Kijang Innova masih terasa nyaman saat melewati jalanan bergelombang pada kecepatan 80 kpj.

Spesifikasi Kijang Innova

Spesifikasi Toyota Kijang Innova

Tipe New Kijang Innova Diesel 2.4 New Kijang Innova Bensin 2.0
Mesin
Tipe Mesin 4 Silinder Segaris, 16 Katup, DOHC, D-4D 4 Silinder Segaris, 16 Katup, DOHC, VVT-i
Isi Silinder (cc) 2494 1998
Diameter x Langkah (mm) 92.0 x 93.8 86 x 86
Daya Maksimum (Ps/rpm) 102/3600 136/5600
Torsi Maksimum (Kgm/rpm) 26.5/1600-2400 18.6/4000
Sistem Pemasukan Bahan Bakar Common Rail Type EFI
Bahan Bakar Diesel Bensin
Kapasitas Tangki / Fuel Capacity (liter) 55 55
Steering (Power Steering) with (Electric Power Steering) with (Electric Power Steering)
Dimensi
P x L x T (mm) 4585 x 1775 x 1750
Jarak Poros Roda (mm) 2750
Jarak Pijak Depan (mm) 1510
Jarak Pijak Belakang (mm) 1510
Sasis
Transmisi 5-Speed A/T, 4-Speed M/T
Suspensi Depan Double Wishbone dengan Pegas Koil dan Stabilizer
Suspensi Belakang 4 Link dengan Pegas Koil dan Lateral Rod
Rem Depan Cakram berventilasi
Rem Belakang Tromol
Sistem Rem Tambahan ABS & LSPV
Ban dan Velg
Ukuran Ban 205/65 R15
Velg Alloy Wheal 15″

Leave a Reply

Close Menu
Call
Chat Whatsapp