Interior Sienta

Interior Sienta

Menilik ke dalam interiornya, spesifikasi Toyota Sienta untuk sesi ini terbilang tak seanyar bagian luarnya. Selurh material dashboard menggunakan plastik dengan aksen jahitan seperti yang ditemukan pada Yaris Lele. Untuk warna interior, Toyota menyediakan dua pilihan warna pada varian V dan Q yaitu Black Trim & Dark Brown Seat serta Fromage Trim & Black Seat. Pada varian E dan G, hanya tersedia dengan warna Black Trim & Black Seat. Dashboard yang ditawarkan ini menggunakan dua lapis atau layer yang disebut oleh Toyota sebagai Dual Layer Dahboard With Three Dimentional Panel Design. Pada layer pertama terdapat panel instrument persis di depan posisi duduk supir dan juga headunit 2 DIN yang digabungkan dengan kisi-kisi AC depan. Sedangkan pada layar kedua diisi oleh tombol pengaturan AC yang sudah otomatis alias climate control pada tipe V dan Q. Tepat di bawahnya, terdapat sebuah slot kecil untuk menyimpan barang bawaan kecil. Di tipe yang sama (V dan Q), roda kemudi atau setirnya telah dilengkapi oleh dengan switch audio. Dengan begitu, mengatur volume atau mengganti trek musik dapat dilakukan hanya dengan menekan tombol tersebut.

Selanjutnya spesifikasi fitur yang ada pada Toyota Sienta terbilang sangat lumayan. Untuk urusan audio sudah menganut model layar sentuh berukuran 7 inci yang dapat memutar DVD, MP3, USB, AUX dan iPod dengan dukungan bluetooth. Headunit ini juga dapat dijadikan untuk device browsing internet ketika dibutuhkan dengan cara mengkoneksikan jaringan WiFi di smartphone serta memungkinkan pengguna untuk mengoperasikannya melalui voice command. Tak hanya disitu, pada tipe tertinggi yaitu Q, panel instrumen yang digunakan berupa kombinasi optriton meter yang mengapit LCD TFT 4.2 inch. LCD ini berguna untuk menampilkan informasi mengenai tripmeter, konsumsi bahan bakar, suhu mesin, dan lain-lain secara digital dan realtime. Pada varian lain masih tampilan biasa. Untuk mengoptimalkan suhu ruang kabin, Toyota turut menyematkan AC Double Blower sebagai perlengkapan standar seluruh varian kecuali tipe E. Tak hanya disitu saja, Toyota juga memberikan fitur tambahan berupa Smart Start-Stop Button untuk tipe V dan Q sehingga mobil dapat dinyalakan dengan cara menekan tombol tersebut.

Kabinnya masih cukup nyaman untuk diisi oleh tiga orang dewasa dan menyisakan ruang kaki yang juga lega. Bagaimana dengan ruang kepala? Tak usah diragukan lagi, karena sasis yang digunakan adalah monokok sehingga antara bodi dan sasis menyatu dan tak membutuhkan ruang besar di bawah layaknya sasis ladder on frame yang masih banyak digunakan pada MPV lainnya. Terlebih lagi, dimensinya pun terbilang cukup tinggi.

Hal yang paling menarik untuk diulas pada Toyota Sienta adalah mengenai mekanisme pelipatan kursi baik itu row kedua ataupun row ketiga. Kursi row kedua dapat dilipat dengan cukup mudah sehingga mengakses row ketiga tidak kerepotan. Sama halnya dengan row ketiga, kursinya dapat dilipat dan disimpan di bawah kursi row kedua. Sehingga kapasitas ruang bagasi belakang yang tersedia menjadi sangat besar dibalik ukurannya yang ringkas.

Leave a Reply

Close Menu
Call
Chat Whatsapp